Gelar Jepang Universitas
Indonesia (GJUI) merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan
Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia
(HIMAJA FIB UI) untuk memperkenalkan kebudayaan Jepang kepada masyarakat umum dan
sebagai wadah apresiasi calon-calon pemimpin bangsa serta ajang pertemuan bagi
para peminat kebudayaan Jepang di Indonesia. Di tahun ke-19 diselenggarakannya
acara ini, kami mengangkat tema ‘pariwisata’ dengan tagline ‘Embark on a
Journey, Experience the Japan in You’.
Di era global, pariwisata
merupakan aspek yang sangat berkembang. Kemajuan teknologi yang semakin pesat
juga mendukung perkembangan pariwisata. Jepang sebagai salah satu negara yang
memperhatikan pariwisata mampu mengembangkan kedua hal tersebut secara
maksimal. Indonesia juga mampu mengembangkan potensi alam dan pariwisatanya
seperti Jepang. Hal ini dikarenakan Indonesia memiliki berbagai macam budaya
dan pesona alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara.
Oleh karena itu, kami mengangkat tema pariwisata Jepang sebagai tema acara
dengan tujuan agar Indonesia dapat belajar dan bercermin dari pariwisata
Jepang.
Dengan tema
pariwisata Jepang, kami mengajak pengunjung untuk melihat banyak hal dari
kota-kota di Jepang yang memiliki keunikan tersendiri bagi wisatawan yaitu,
Hokkaido, Tokyo, Kyoto, dan Okinawa. Selain karena keunikannya, menurut kami, kota-kota
ini juga menjadi simbol pariwisata Jepang berdasarkan empat penjuru mata angin,
yaitu utara (Hokkaido), selatan, (Okinawa), timur (Tokyo), dan barat (Kyoto). Kami
berharap, selain dengan melihat simbol keindahan kota ini di Gelar Jepang 19,
pengunjung memperoleh pengetahuan tentang pariwisata Jepang sehingga dapat
membuka mata masyarakat tentang pentingnya pariwisata dan mulai bersama-sama
menjaga kekayaan alam dan mengembangkan pariwisata di Indonesia.
TUJUAN KEGIATAN
·
Merayakan hubungan persahabatan Jepang-Indonesia yang sudah
memasuki tahun ke-55.
·
Memberikan informasi tentang pariwisata Jepang dan edukasi tentang
pariwisata khususnya pariwisata di Jepang.
·
Menumbuhkan keinginan berwisata ke Jepangbagi para pengunjung.
·
Menjadi wadah bagi individu dan komunitas penggemar budaya
Jepang untuk mengekspresikan kreativitas masing-masing dalam serangkaian acara
Gelar Jepang 19.
SASARAN
KEGIATAN
- Sasaran utama pengunjung Gelar Jepang 19 adalah
o
Target utama : pengunjung berumur 15-25
tahun (pekerja muda, mahasiswa, dan siswa SMA).
o
Target sekunder : pengunjung berumur 12-15 tahun dan 25-45
tahun.
- Jumlah pengunjung Gelar Jepang 19 ditargetkan lebih dari 15.000 orang selama 3 hari.