Minggu, 06 Februari 2011

Tentang GELAR JEPANG 2011

Gelar Jepang adalah suatu acara tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (HIMAJA FIB UI). Acara ini diadakan sebagai wadah apresiasi kebudayaan Jepang dan ajang aktualisasi diri bagi peminat kebudayaan Jepang dengan berbagai bentuk aktivitas. Gelar Jepang kali ini adalah Gelar Jepang ke-17.

Tema yang kami angkat untuk Gelar Jepang 2011 ini adalah “perjalanan waktu” dengan tagline “Jelajahi Dimensi Waktu, Temukan Perpaduan Pesona Budaya Dua Bangsa”.

Sebagaimana kita ketahui, Jepang merupakan negara yang sangat peduli akan budayanya. Kekayaan sejarah dan nilai-nilai tradisionalnya sampai sekarangpun masih menjadi bagian besar dalam kehidupan masyarakat Jepang. Karena itu, sebagai sesama negara kepulauan yang kaya akan budaya, dan memiliki hubungan persahabatan yang sudah terjalin cukup lama, kami mengadakan acara ini didorong oleh semangat dan keinginan untuk belajar dari Jepang, bagaimana mereka menghargai budaya nasionalnya. Hal tersebut ingin kami wujudkan dengan memperkenalkan kebudayaan Jepang dan mengakrabkan kembali budaya nasional pada masyarakat Indonesia.

Konsep perjalanan waktu dan kolaborasi warna budaya ini pun dilambangkan melalui maskot Gelar Jepang kali ini yaitu seorang anak laki-laki Indonesia dan gadis Jepang sebagai perlambang dua kebudayaan. Mereka ditemani oleh seekor hewan menyerupai kelinci yang bernama Pokoro. Kami memilih binatang kelinci untuk menggambarkan lompatan-lompatan waktu yang merupakan bagian dari tema acara Gelar Jepang kali ini. Ketiga mascot ini akan menaiki mesin waktu berupa balon udara.

9 komentar:

Anonim mengatakan...

top markotop!!

Anonim mengatakan...

ini acaranya cuma Performance Band aja??

gak ada cosplay, budaya, dll???
bon-odori??

Gelar Jepang Universitas Indonesia mengatakan...

ada. nanti akan dipublish jika sudah saatnya! hehee :D

Anonim mengatakan...

Konichiwa!

Bunta desu. Cuma seorang maniak matsuri yang excited banget sama kebudayaan Jepang.

Wah, GJ UI mau ada lagi? Hmmm bearti udah lima kali nih aku kesana xD

Tapi... mau ngasih masukan aja. Kenapa ya kok tiap kali acara2 begini over all acaranya ga banyak beda sama tahun lalu? Takoyaki, cosu, bazar, band... Oh, ayolah. Budaya matahari terbit nggak cuma muter2 di situ doang, kan?

Jujur aku seneng banget sama acara bikin mochi taun kemaren. Wah, ayo ayo, tahun ini harus lebih beragam lagi dong acaranya...

Sulit memang, jadi jangan dibikin sulit. Yang gampang2 aja. Misalnya kayak nangkep ikan mas, obake (rumah setan), atau bahkan sekedar stand gulali dan permen. Biar kayak festival di Jepanya beneran.

Karena, sama kayak event2 matsuri lainnya, gue rasa GJ UI belon punya "maskot", sesuatu orisinil yang cuma ada di GJ UI, yang ngebedain sama matsuri2 lainnya selain lahan acara super luas dan budgetnya yang luar biasa.

GANBATTE NE! Kita sama-sama meningkatkan kualitas GJ UI (Anda panitia dan saya pengunjung), wokeh!

GJ UI selalu di hati kok... xD
xoxo

Gelar Jepang Universitas Indonesia mengatakan...

Hallo, Bunta!

Waaah, kami seneng banget punya pengunjung setia seperti Bunta! Masukan2 seperti ini sangat membangun kami ke arah yang lebih baik lagi. Makasih ya Bunta, kamu udah ngasih kami saran! :)

Dari tahun ke tahun kami terus berusaha untuk menampikan acara2 baru dan kami ga berhenti menggali hal2 baru tentang Jepang.

Sesuai dengan tema kami tahun ini, perpaduan budaya Jepang dan Indonesia, kami udah merancang acara2 baru agar para pengunjung juga lebih terpuaskan, karena bagi kami kepuasan pengunjung adalah nomer 1 lho!

Acara apa aja yang akan ada di Gelar Jepang 2011 ini, akan segera dipublikasikan akhir bulan Maret ini agar para pengunjung setia bisa melihat apa aja acara2 baru kami. Mohon ditunggu yaa, Bunta!

Doakan kami yaa supaya segala proses bisa berjalan lancar agar kami bisa memberikan yg terbaik untuk pengunjung! ^^

Sekali lagi kami ucapkan terima kasih untuk sarannya! hehee

HAI! GANBARIMASUUUU!! *\(^o^)/*

Anonim mengatakan...

Btw mau tanya, hanya band sajakah yg diperbolehkan untuk mengisi acara? Bagaimana dengan dancer dsb? ^^

Gelar Jepang Universitas Indonesia mengatakan...

untuk dance telah dibuka lho AUDISI COVER DANCE GJ 2011! Nanti 2 tim yang terbaik akan tampil di hari ketiga Gelar Jepang 2011 (Minggu, 26 Jni 2011)

Selengkapnya silakan dilihat di post kami berikut,

http://gelarjepang2011.blogspot.com/2011/04/audisi-cover-dance.html

aychan mengatakan...

dA pameran or bazar'a jga ga....!!!

Chiaki Aihara mengatakan...

mulainya jam brp??